Survey Online, Perkembangan Teknologi Informasi

Postingan kali ini ingin membagi analisis tentang pengaruh perkembangan IT dengan survey online yang sudah dilakukan sebelumnya. 

Survey ini di tujukan untuk mengetahui, apakah kita masih berperan sebagai pengguna, atau akan menjadi seorang “creator” serta mengetahui seberapa besar pengaruh IT terhadap interaksi anda dengan dunia luar.

Survey ini terdiri atas 10 pertanyaan.

Pertanyaan pertama : Seberapa jauh anda memahami mata kuliah dan pelajaran TI ?

Lebih dari 50% menjawab cukup memahami dan lainnya menjawab sekedar memahami dan tidak ada yang menjawab tidak memahami. Pertanyaan ini penting sebab zaman sekarang, perkembangan IT sangat lah pesat dan kita tidak boleh dikalahkan oleh perkembangan itu. Dengan besarnya yang menjawab cukup memahami, maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa TI dapat mengikuti perkembangan tersebut dengan tidak jatuh kedalamnya dan hanya berperan sebagai pengguna, tapi nantinya juga akan menjadi seorang “creator” dengan saat ini mempelajari tentang IT.


Pertanyaan kedua : Apakah anda berniat untuk melanjutkan sekolah maupun kerja di dunia IT ?

Pertanyaan ini berhubungan dengan pertanyaan pertama tadi, apakah mereka yang memehami tadi akan menjadi seorang “creator” atau tetap hanya akan menjadi pengguna yang tidak terjerumus dalam di perkembangan IT saat ini. Sebagian besar menjawab  Ya, dan hanya sebagian kecil menjawab mungkin walau ada beberapa yang  menjawab tidak. Dengan besarnya angka yang menjawab ya, berarti mahasiswa TI sangat berantusias untuk lebih mendalami tentang ilmu IT ini, atau juga mengimplementasikan ilmu tersebut untuk selanjutnya bekerja dengan ilmu yang telah diterimanya. Untuk yang menjawab mungkin bisa jadi masih ragu akan jalan sebenarnya yang akan ditempuh, apakah akan tetap di IT atau akan mencoba yang lain, yang sebenarnya memang itulah ahrusnya jalan yang dilalui.

Pertanyaan ketiga : Merujuk pada pertanyaan ke-dua, setelah lulus ingin melanjutkan ke bidang IT mana, jika bukan bidang IT, di bidang apa anda ingin melanjutka sekolah maupun kerja ?

Pertanyaan ketiga juga masih berhubungan dengan pertanyaan yang pertama dan kedua tadi. Sebagian besar menjawab pekerjaan yang masih berhubungan dengan IT seperti web development, analisis, cyber polis dan juga pekerjaan seperti creator game dan animasi atau menjawab pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Ini memperlihatkan bahwa mahasiswa IT memang ingin untuk melanjutkan pekerjaannya ke bidang IT sesuai dengan ilmu yang sudah mereka timba. Sebagian lagi lebih ke manajemen dan akuntansi. Walau ilmu itu lebih ke bidang ekonomi, tapi tetap saja seorang ahli IT dapat bekerja dibidang tersebut, dan itu masih berhubungan dengan IT. 

Pertanyaan keempat : Saat belajar IT saat ini, seberapa besar pengaruh teknologi terhadap interaksi anda dengan dunia luar ? Apakah karena adanya teknologi membuat anda jarang berinteraksi dengan dunia luar ?

Pertanyaan ini muncul setelah mereka yang mendalami perkembangan IT. Di pertanyaan sebelumnya, sebagian besar menjawab bahwa mereka memahami IT dan akan mendalaminya lagi dengan bekerja di bidang IT. Namun, jika memang itu ingin dilakukan, tetap membutuhkan interaksi dengan dunia luar, walau nantinya lebih sering bergelut dengan alat-alat teknologi. Sebagian besar menjawab tidak sama sekali, dan hampir menyamai untuk yang  menjawab mungkin dan dan hanya beberapa yang menjawab ya. Ini memperlihatkan bahwa sebagian besar masih dapat mengimbangi perkembangan IT dengan tidak terjerumus kedalamnya sebab masih tetap berinteraksi dengan dunia luar.

Pertanyaan kelima : Jika dihitung-hitung, berapa lama anda ber"interaksi" dengan teknologi yang anda miliki ? (Seperti laptop, smarthphone, dan lainnya)

Kebutuhan akan teknologi saat ini memang sanagtlah besar, maka tidak heran bahwa rata-rata jawaban responden akan banyak menjawab lebih dari 2 jam.

Pertanyaan keenam : Berdasarkan range yang anda berikan pada pertanyaan sebelumnya, apa yang membuat anda tertarik menggunakan teknologi selama itu ?

Pertanyaan ini berhubungan dengan pertanyaan sebelumnya, sebenarnya apa yang dilakukan saat menggunakan teknologi tersebut. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui, jika sedang menggunakan teknologi, hal apa yang dilakukan, dan sebenarnya apa yang paling berpeluang besar sebagian orang lebih sering berlama-lama dengan teknologi yang mereka miliki. Dan ternyata Sebagian besar menjawab banyak hal-hal dan vitur-vitur menarik yang disediakan oleh teknologi tersebut. Umumnya seperti game, pemutar video dan internet. Sebagian besar waktu dihabiskan oleh ketiga hal tersebut, tapi banyak juga yang menggunakannya untuk membuat tugas dan mencari informas-informasi di internet.

Pertanyaan ketujuh : Apakah hal diatas membuat anda jarang berinteraksi dengan dunia nyata anda ?

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, apakah membuat interaksi di dunia nyata menjadi terputus. Sebagian besar  menjawab tidak dan walau hampir menyamai dengan responden yang  menjawab kadang-kadang. Menunjukan masih ada yang terjerumus dalam teknologi yang dilihatkan masih ada responden yang menjawab ya. Memperlihatkan bahwa masih ada keinginan untuk mengintrol diri dengan tetap berhubungan dengan dunia luar.

Pertanyaan kedelapan : Hal apa yang paling anda sering lakukan dengan alat-alat teknologi yang anda miliki ? (Seperti laptop, smarthphone, dan lainnya)

Pertanyaan ini untuk memperkuat pertanyaan keenam sebelumnya. Dan sebagaian besar responden menjawab menggunakan teknologi untuk hal-hal seperti game dan internet, seperti browsing dan jejaring sosial.

Pertanyaan kesembilan : Mana yang lebih menarik bagi anda ? Bermain game di laptop atau smarthphone, Menggunakan laptop atau smarthphone untuk hal lainnya diluar game, atau Jalan-jalan dengan keluarga atau teman-teman.

Sebagian dari responden menjawab masih tetap jalan-jalan dengan keluarga atau teman, ditengah melaju pesatnya teknologi, tetap mengontrol diri dengan hiburan yang tidak ada hubungannya dengan teknologi. Namun, masih banyak yang menjawab bermain game.

Pertanyaan kesepuluh : Mana yang lebih sering anda lakukan ? Berinteraksi dengan teman anda menggunakan internet, Berinteraksi dengan teman andamenggunakan handphone atau Berinteraksi dengan teman anda secara langsung.

Sebenarnya, cara berinteraksi mana yang banyak digunakan orang banyak. Ternyata, lebih dari 50% menjawab interaksi langsung, dan hanya sebagian kecil yang menjawab dengan interneet atau handphone. 

Mnegikuti perkembangan teknologi memanglah sangat penting, jika tidak ingin disebut “ketinggalan zaman”. Tapi, tetap saja ahrus mengontrol diri dengan terus lebih sering berinteraksi dengan dunia luar, bukannya membentengi diri dengan terus-terusan berinteraksi dengan teknologi dan menutup jalannya dunia nyata untuk masuk. Setidaknya harus seimbang, antara dunia luar dan dunia yang dibentuk oleh teknologi. Survey yang telah dilakukan pun masih menunjukan bahwa sebagian besar orang tetap dapat menjaga diri dengan tidak terlalu terjerumus di dalam jerat teknologi.

Namun, sebagian besar masih berperan sebagai pengguan, dengan diperlihatkan masih banyak yang mengguanak alat-alat teknologi untuk bermain game atau membuka jejaring sosial. Padahal, dengan berkembang pesatnya teknoloi, kita harus ikut andil di dalamnya dengan menciptakan hal-hal baru dalam bidang IT yang nantinya bermanfaat untuk orang banyak apalagi jika kita adalah orang yang berkecimpung di bidang tersebut.

Teknologi memang penting, tapi jangan sampai dimakan olehnya dengan terputusnya hubungan dengan dunia nyata :p

0 comments:

Post a Comment